kisah mengejar S.I.M C (Surat Izin Mengemudi) sepeda motor

S.I.M 

Adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan trampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Dasar Hukum dan Fungsi S.I.M

Dasar Hukum
UU No. 2 Th 2002 :
  • Pasal 14 ayat (1) b
  • Pasal 15 ayat (2) c
 Fungsi S.I.M
  • Sebagai bukti kompetensi mengemudi.
  • Sebagai registrasi pengemudi kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas lengkap pengemudi.
  • Sebagai sarana mendukung kegiatan penyelidikan, penyidik dan identifikasi forensik kepolisian.
 Penggunaan Golongan S I M 
 Pasal 80 UU No. 22 Th 2009 

Golongan S.I.M  A     : Untuk kendaraan bermotor dengan yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 kg.
Golongan S.I.M  B I   : Untuk kendaraan bermotor dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
Golongan S.I.M  B II  : Untuk kendaraan bermotor yang menggunakan kereta tempelan dengan berat yang   diperbolehkan lebih dari 1.000 kg.
Golongan S.I.M  C      : Untuk mengemudikan sepeda motor.
Golongan S.I.M  D      : Untuk kendaraan bermotor khusus bagi penyandang cacat.


 Di atas sedikit informasi tentang SIM (Surat Izin Mengemudi), dan disini penulis sedikit bercerita tentang pengalaman membuat SIM secara normal di Polres Cibinong Bogor (masih dalam proses pembuatan SIM C) dan penulis baru lulus pada tahap ujian praktek membawa sepeda motor (3x gagal, yang ke 4x nya Lulus) dengan membawa sepeda motor kopling (suzuki thunder paling gak enak se cibinong) sebenarnya ada 4 type motor yang di sediakan di ujian praktek SIM C satu motor matic, satu motor bebek, dan dua motor kopling serta ada sedikit peraturan lainnya antara pengendara Pria dan wanita. Untuk pengendara Pria bila memakai motor ber type kopling di beri 3x kesempatan, memakai motor matic dan motor bebek hanya 1x kesempatan dan untuk pengendara Perempuan bila memakai motor matic, motor bebek dan motor kopling diberi 3x kesempatan. Sebagai Pria jelas dong penulis mau lulus dengan menggunakan motor besar berkopling dengan kali 3 kesempatan, dengan melewati 3 lintasan rintangan :

1. Lintasan rintangan berbentuk huruf U 


Lintasan rintangan yang pertama kelihatan sangat mudah, tapi ada satu titik yang agak sulit yaitu ketika membelokkan sepeda motor ber type kopling yang agak besar bentuknya dan sulit untuk menyeimbangkan keseimbangan agar tidak menurunkan kaki (karena menurunkan kaki atau menapakkan kaki ke tanah di anggap gagal), tapi lintasan rintangan ini mudah bagi penulis (cie).

2. Lintasan rintangan Zigzag 

(belum ada gambarnya, sorry)

Lintasan rintangan yang kedua ini memang sangat sulit bagi penulis, di sini lah keberhasilan yang tertunda terjadi, bayangin 11x kesempatan harus terbuang di sini (minggu pertama 3x, minggu kedua 3x, minggu ketiga 3x dan minggu ke empat 2x "Huft") mungkin beberapa pejuang SIM C juga berpendapat sama dengan penulis, mungkin. Tapi dengan membaca bismillah di minggu ke empat dan tinggal 1x kesempatan lagi serta dengan penuh rasa ke hati - hatian penulis dalam mengendarai motor kopling akhirnya bisa melewati dengan mulus lintasan rintangan zigzag ini (hahahahahahahuft). "Ini bakal jadi best moment" 

3. Lintasan rintangan berbentuk angka delapan ( 8 ) 


Lintasan rintangan ini kelihatannya aja sulit tapi sebenarnya ini lintasan rintangan yang paling mudah di lewati, tapi kembali lagi pada si pengendara nya harus hati - hati karena ada beberapa yang gagal karena menjatuhkan patok pembatas lintasan, so stay cool and keep calm you'll never walk alone support Liverpool FC #YNWA. 

dan best moment nya lagi adalah ketika kita lulus dari ujian praktek ini, kalian bisa merasakan bagaimana bangganya bisa lulus dengan motor kopling serta dapat penghargaan "Tepuk tangan" dari para pejuang SIM C lainnya yang menunggu di tempat menunggu yang di sediakan, kalian di situ boleh masang muka agak sombong dan dada dibusungkan sedikit biar menunjukkan betapa mudahnya melewati 3 lintasan rintangan tersebut dan sedikit berkata dalam hati "ahk segitu doang ternyata rintangannya" (sombong) sekali sekali lah :)

Tapi jangan senang dulu ada ujian teori yang menghadang kalian untuk mendapatkan SIM C secara normal dan legal... next penulis akan membahasnya lagi, karena penulis di sini juga gagal yang pertama kalinya. Tapi penulis percaya semua akan keren pada waktunya, sekali lagi so stay cool and keep calm you'll never walk alone support Liverpool FC #YNWA.

@odyady_











Komentar

  1. Skr lg berjuang .... gagal 2x d tes praktek tapi cm d ksh kesmpatan 1x tuh. Jd klo sekali gagal..ya cb 2 minggu lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

5 pertanyaan yang harus kamu ajukan ke calon gebetan kamu, agar aman dari masa lalunya