Kata yang kekurangan dan kelebihan huruf di sekitar kita

Pernah kalian mendengar atau melihat kata yang kekurangan huruf atau kelebihan huruf di sekitar kita ? mungkin sebagian besar orang indonesia pernah mendengar atau melihat bahkan ada yang pernah mengucapkan atau menulis kata yang kekurangan dan kelebihan huruf tersebut, kalian pernah mendengar percakapan seperti ini 

percakapan antara Roy dan Boy, di pagi hari di suatu daerah bogor coret.

Roy : Boy, berangkat "kola" gak lo ?
Boy : iya bentar roy, gue lagi pake "patu" nih.
Roy : oh lo lagi pake "patu". Gue tunggu di "marih" deket warung mpok mami.
Boy : Ntar yang bawa motor gue apa lo nih roy ? (sambil teriak, soalnya warung mpok mami agak jauh)
Roy : lo aja boy, "maren" kan gue yang bawa. (sambil teriak juga)
Boy : motor nya udeh lo "bengsinin" belom roy ? (sambil teriak lagi)
Roy : udeh boy.

itu lah sepenggal percakapan, dari sepenggal percakapan di atas kita temukan kata yang kekurangan dan kelebihan huruf, ada "kola" yang seharusnya "Sekolah", "patu" - "sepatu", "marih" - "mari", "maren - "kemarin", "bengsinin" - "bensin". Mungkin masih banyak lagi kata yang kekurangan dan kelebihan huruf di sekitar kita yang membuat si pendengar atau si pembaca jadi senyum-senyum sendiri dan mungkin tidak mengerti. 

contoh kedua : 

sadar atau tidak waktu kita masih kecil (buat yang kelahiran tahun 90 ke bawah), saat bermain petak umpet, di suruh berhitung dari satu sampai dua puluh ketika kita menjaga benteng atau iglo untuk memberi waktu kepada teman - teman kita yang ngumpet., kita mengucapkan kata angka seperti ini :  "Tu wa ga pat ma nam juh pan lan luh, tu wa ga pat ma nam juh pan lan luh" (20) udah belom ?. Mungkin karena buru - buru dan ingin cepat selesai berhitung kata angka satu sampai sepuluh di ringkas.

(petak umpet)

Kata yang kekurangan dan kelebihan huruf mungkin sudah biasa dan menjadi kebiasaan mereka yang hidup nya buru - buru, jadi huruf dari kata tersebut ketinggalan dan lupa di ucapkan atau di tulis. Jadi biasakan mengucap atau menuliskan kata atau kalimat yang lengkap tapi terserah sih tergantung kalian berkomunikasi dengan siapa lawan berkomunikasi kalian (komunikan) dan lihat seperti apa kondisinya.

@odyady_







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

5 pertanyaan yang harus kamu ajukan ke calon gebetan kamu, agar aman dari masa lalunya