Iklan sekarang sudah ada di mana - mana, kamu tau gak sih apa itu iklan ? dan apa sih fungsi iklan ?

Segernya bangun tidur liat Yuki Sasou

Ketika kamu bangun dari tempat tidur dan mendengar suara adzan shubuh lalu kamu bangun dan mengecek gadget kamu kemudian gak lama kamu ke toilet untuk sekedar cuci muka. Mampir ke kulkas liat liat isi kulkas dan di tutup lagi itu kulkasnya. Sebenarnya iklan itu udah memasuki alam bawah sadar kamu di kehidupan sehari - hari.

Sebelumnya kamu harus tau apa sih pengertian dari iklan ? sebelum tau pengertiannya si iklan kamu mesti tau bahasa iklan dari mana sih ? oia ternyata iklan itu dari bahasa Arab, bangsa arab mengenalnya dengan istilah I'lan. Masyarakat Indonesia mengenalnya dengan istilah Iklan, gak jauh beda kan antara I'lan dan Iklan. Lalu masyrakat Amerika dan Inggris mengenal dengan advertising, kata ini berasal dari bahasa latin yaitu ad-verse yang berarti mengoperkan pikiran dan gagasan kepihak lain. Lalu kita pindah ke Perancis, kamu jangan pusing yah ketika saya ajak berkeliling dunia gini hehehe, di sana iklan di kenal dengan reclamare yang berarti meneriakan sesuatu secara berulang - ulang, lanjut ke bahasa Belanda di sana iklan itu di sebut advertentie yang berarti berlari menuju ke depan. Menurut buku, kita bangsa indonesia lebih mengadopsi bahasa dari kebudayaan masyarakat timur tengah maka dari itu I'lan menjadi Iklan. Kalau menurut ahli nya iklan itu bisa di bahas dalam beberapa perspektif, kalau di jabarin di sini nanti kamu bakal pusing.

Apakah kamu sudah tau belum apa itu iklan ? I'lan sendiri kalau di artikan dalam bahasa indonesia yaitu mengumumkan, menyampaikan, mengakabarkan dan memberitahukan kepada oranglain akan suatu hal yang akan terjadi.

I'lan bukan kabel lan

Sebagai contoh kecil dalam agama Islam yaitu adzan, suara adzan yang berkumandang itu adalah iklan agar umat islam segera solat, dalam hal agama ini loh sudah ada dan di ajarkan cara beriklan. 

Kamu yang saat ini sedang makan sambil menonton Televisi di rumah, menonton program televisi di media Tv, Tidur tiduran sambil liat handphone lalu pergi ke channel Youtube. Apalagi kamu yang suka berpergian ke luar rumah dan menuju pusat perbelanjaan. Dimana - mana kamu bakal liat iklan dan kamu gak akan sadar fungsi iklan itu apa. Kamu hanya tau kalau liat barang yang di pake Agnes Monica itu lucu banget sehingga kamu mau juga memakainya, Kamu juga yang suka melihat Iwan fals minum kopi pasti kamu gak sadar akan senang dengan kopi yang di minum Iwan Fals.


Fungsi Iklan kalau dalam keseharian itu, kamu mesti catet nih. Kali aja kamu nanti mau menjual barang atau ingin sekedar membuka jasa pijat akupuntur. Fungsi iklan dalam komunikasi itu...

Just info

1. INFOMASI
Ini merupakan fungsi yang sangat umum pasti kamu juga tau kan, untuk memberitaukan sesuatu informasi dari produsen ke konsumen, dari yang tidak tau menjadi tau, dari yang sedikit tau jadi banyak tau. Asal jangan sok tau kaya temen kamu yang lagi baca ini. Fungsi informasi ini lebih di tekankan pada kognisi seseorang. Sebagai contoh kalau kamu mau beli mie instan ke warung sebelah atau gak ke supermarket karena kamu sedang ada di akhir bulan, cerita nya kamu sedang nahan karena belum gajian. Di bungkus Mie Instan tertulis bahan - bahan dari mie instan dan bagaimana cara memasak mie instan, dan cerita nya kamu baru tau cara memasak mie instan karena selama ini kamu belinya di warkop dan di masakin gak pernah masak sendiri.

Join with us

2. Persuasif 
Iklan juga berfungsi untuk membujuk, bujukan rayuan gombal kamu ke gebetan kamu kadang bikin netizen ingin berkata kasar. Di Iklan sih buat menggerakan konsumen untuk bersikap, maupun berprilaku tertentu sesuai yang di kehendaki produsen. Akhir - akhir ini kamu semakin pintar untuk membujuk teman kamu agar kamu bisa meminjam uang dari teman kamu, dan teman kamu berprilaku meminjamkan uang ke kamu.

Mengingatkan oleh si paris

3. Mengingatkan
Iklan dapat berfungsi untuk memelihara kesegaran nama bisa nama produk, merek, citra dan sebagainya. Klo kamu sih paling ngingetin gebetan kamu supaya jangan lupa makan takutnya sakit dan gebetan kamu gak bisa nyakitin kamu ya kan bukan seperti itu klo kamu mengingatkan gebetan kamu. Jadi fungsi iklan itu selain memberitau, mengajak iklan itu mengingatkan agar nama kamu ada terus di benak gebetan kamu, tergantung kamu cara mengingatkannya agar terus nempel di benak gebetan kamu.

Sebuah kesan

4. Membangun Citra
Iklan juga bisa berfungsi untuk membangun citra, maksudnya si citra itu "kesan" si citra mantan kamu yang sering kamu sebut - sebut jikalau kamu sedang mengigau. Bisa untuk memperbaiki, membangun dan membentuk kesan dalam produk. Sebagai contoh. kamu mau mengubah kesan kamu terhadap gebetan kamu, karena gebetan kamu itu suka dengan hal - hal yang berbau  traveling atau pun pendakian, yah kamu harus berubah yang tadinya kamu keluar rumah mau ke pasar tradisional jemput mama tapi kamu nyasar gak sampe sampe pasar. Kamu harus berubah untuk membuat gebetan kamu terkesan dengan memakai baju - baju ala pendaki, pake sepatu boots, agak kumal tapi gagah, tas ransel 7 liter kamu pake ke kampus, biar gebetan kamu itu terkesan oleh kamu. Biar dia bilang ke kamu "Ih anak gunung banget sih kamu".

Jangan kelain hati ya

5. Peneguhan
Iklan harus bisa meyakinkan atau meneguhkan bahwa merek atau brand bisa meneguhkan dan meyakinkan konsumen agar gak berpaling ke merek lain. contohnya gak usah jauh jauh deh kalau kamu mau meyakinkan gebetan kamu agar gak kelainnya selain ke kamu. Biasa nya paling kamu memberikan janji janji dan rayuan berupa sajak sajak puitis yah minimal kamu nyanyiin dia lagu romatis.

Di zaman sekerang fungsi iklan sudah mengalami perubahan, mungkin saja iklan sudah berfungsi untuk menikung pacar temen deket kamu. Kamu sudah mulai tau kan apa itu iklan dan fungsi dari iklan itu ? kalau memang kamu belum paham paham banget, silahkan kamu baca buku nya 
Rendra Widyatama "Teknik Menulis Naskah Iklan" buku nya gampang di kenali dari warna sudah berwarna merah. 

21/3/2018
Ady Maulana Rachman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

Kini warga Cibinong dan sekitarnya memiliki Mall yang Elegant serta Mewah layaknya di kota - kota besar di Indonesia yaitu CCM 2