Sluagh - Ghairm "Teriakan bertempur" SLOGAN

Tenik Menulis Naskah Iklan - Rendra Widyatama

Masih buta untuk menjadi seorang "copywriter" di bidang Advertising Industry, karena masih buta selalu mencari dan mencari. Apa sih yang di maksud dengan copywriter ? Bagaimana mana sih pekerjaan seorang copywriter itu ? mudah atau tidak sih jadi seorang copywriter ? mungkin masih banyak lagi pertanyaan yang ingin saya tanyakan. Butuh banyak buku tentang seorang "Copywriter" untuk bisa melek terhadap pekerjaan ini. 

Copywriter atau biasa di sebut Penulis Naskah Iklan.

"Teknik Menulis Naskah Iklan *Agar Tepat Kena Sasaran - Rendra Widyatama" 
Sudah suka awal membaca buku ini karena isi dari "Pendahuluan buku ini" memberikan gambaran yang jelas dengan dunia iklan terutama Tvc, 

dalam pendahuluan buku ini penulis Rendra Widyatama menceritakan seorang pejabat yang di dunia nya sering Korupsi dan berbuat negatif lalu akhir cerita Pejabat tersebut meninggal dan pada akhir nya di tanya oleh malaikat di alam kubur "mau masuk surga apa neraka?" pertanyaan tersebut di layangkan terhadap pejabat tersebut dan malaikat tersebut memberikan kalimat tambahan.

Isi Pendahuluan seperti di bawah ini  "cerita sudah di singkat oleh pembaca (saya Odyady, jadi agak tidak lengkap dan hanya menjelaskan sesingkat - singkatnya)

Malaikat : Mau pilih Neraka atau Surga ? 

Pejabat : kaget dan sekaligus senang, karena langsung ada pilihan mau pilih Neraka atau surga. Tentu saja pikir pejabat tersebut ia akan memilih surga yang penuh dengan makanan yang lezat, wanita yang banyak dan cantik tempat tinggal yang mewah dan bla bla bla, tetapi malaikat tersebut menambahkan kalimat pertanyaannya...

Malaikat :  sebelum memilih, saya akan memberikan 2 buah video clip berdurasi 60 detik tentang video clip Neraka dan Surga.

"lalu malaikat tersebut menayangkan cuplikan video clip Neraka. Dalam cuplikan tersebut di gmbarkan suasana Party dalam diskotik lengkap dengan minuman keras dengan busa nya yang menggiurkan di tambah lagi dengan para wanita yang berbusana sexy meliuk, berteriak gembira dan menari di ikuti irama musik yang seru, banyak sekali wanita yang dikenal oleh pejabat tersbut di dalam video clip neraka ini dan beberapa temannya dulu..."

Pejabat : apa betul ini yang di namakan Neraka ? kenapa begitu mengasikan. Saya baru tau

"lalu malaikat tersebut menayangkan cuplikan video clip berikutnya yaitu tentang surga, malaikat menayangkan dan video tersebut hanya berisi orang - orang sedang di taman sepi dan tenang di ikuti irama musik yang membosankan..."

Pejabat : apa betul ini yang di namakan Surga ? Kenapa Begitu membosankan dan tidak menyenangkan.

Malaikat : Pilihlah dengan hati - hati, dan saya akan beri waktu sehari untuk memikirkannya dengan matang - matang untuk memilih, baiklah saya besok akan datang lagi dan menayangkan 2 video clip lagi. *pergi lah malaikat tersebut

Pejabat : terimakasih wahai malaikat, saya akan memikirkannya lagi.

Lalu dalam waktu yang di tentukan si Pejabat sudah merasa yakin dengan pilihannya. 

Esok datang dan Malaikat pun datang kembali untuk meminta jawaban memilih "masuk Neraka atau Surga"

Malaikat : Wahai Manusia sudah kah anda memikirkannya dan mantap untuk memilih ?

Pejabat : Wahai Malaikat aku sudah memikirkannya selama semalan dan aku sudah mantap untuk memilihnya

Malaikat : Lalu apa yang engkau pilih wahai Manusia ?

Pejabat : Aku sudah mantap untuk memilih Neraka wahai Malaikat

Malaikat : Pikirkan lagi wahai manusia, dan apa alasan anda wahai manusia untuk memilih neraka ? dan kenapa engkau tidak memilih surga ?
lalu..

Pejabat : Aku sudah lama untuk memikirkannya, alasan aku memilih Neraka itu sangat menyenangkan dan seru di sana banyak yang aku kenal wahai Malaikat, tentu saja alasan kenapa aku tidak memilih surga jelas sangat membosankan dan kaku. Aku Mantap Memilih Neraka...

Sekali lagi Malaikat memberikan pertanyaan yang terakhir kalinya untuk memastikan bahwa si manusia atau pejabat tersebut untuk memilih. Tetapi manusia tersebut tetap memilih neraka. karena video clip tersebut.

Singkat cerita... Si pejabat masuk ke dalam neraka tetapi dia tidak merasakan apa yang ada di video clip tersebut dan kecewa ternyata gambar party meriah yang ada di video clip neraka hanya lah sekumpulan orang yang sedang di siksa, dan akhir nya si pejabat itu menyesal dan siksa pula...

Hanya karena sebuah video clip iklan Neraka dan surga bisa membuat orang memilih dengan jelas. 

Dari cerita tersebut hanyalah sebuah gambaran saja dan tidak ada hubungannya dengan salah sata ajaran agama, dan di tekankan dalam buku ini hanya sebagai contoh saja.


Clip yang di tunjukkan oleh malaikat ke pejabat tidak menipu, kalau toh video clip yang tuan pejabat lihat lebih indah ketimbang aslinya, itu hanyalah karena pandainya Copywriter, vizualizer, sutradara dan para video maker lainnya yang terlibat dalam pembuatan video clip ini.

Dari singkat cerita tersebut  saya langsung menangkap apa yang di tunjjukan si penulis terhadap saya. Apa ayo ? Nah makanya yang mau tau lebih, silahkan di baca dan apalagi yang mau banyak tentang Penulis Naskah Iklan...

Satu kalimat yang sangat saya sukai yaitu "

Sluagh - Ghairm "Teriakan bertempur" atau bisa di sebut SLOGAN...

Kata Slogan diambil dari istilah dalam bahasa Gaelik, sebuah bahasa dari Skotlandia kuno, yaitu Sluagh - Ghairm yang berarti "teriakan bertempur. Secara sederhana, slogan diartikan sebagai motto atau frasa yang dipakai sebagai ekspresi ide atau tujuan yang mudah diingat dan mengandung arti khusus.


Tidak hanya di Pendahuluan saja si Penulis memberikan suguhan informasi yang menarik ada beberapa bab lagi yang seru di bawakan oleh si penulis "Widyatama" dengan kalimat yang mudah sekali di pahami serta ada beberapa contoh iklan di dalamnya. 

Itu aja lah yah...
Terimakasih...

@odyady_






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

5 pertanyaan yang harus kamu ajukan ke calon gebetan kamu, agar aman dari masa lalunya