Sunyaruri itu "Risa"

Sunyaruri

Tulisan Risa Saraswati yang ketiga (Sunyaruri), yang pertama (Danur), yang kedua (Maddah). Semakin tebal isi dari tulisannya (buku). 

1. Danur (2011)      216 halaman, 13 x 19 cm
2. Maddah (2012)   252 halaman, 14 x 21 cm
3. Sunyaruri (2013)  333 halaman, 14 x 20 cm

dan semakin menyebalkan hehehe, iya karena semakin bisa "memainkan Theater of mind" para pembacanya. Tapi kayanya menyebalkannya akan berakhir.

Danur (1), Maddah (2), Sunyaruri (3)
SUNYARURI 
("aku menyebut ini sebagai alam kesepian, tapi mereka bilang inilah yang disebut sunyaruri")

"Ke mana perginya mereka, sahabat-sahabat kecilku yang lagi-lagi terlalu sibuk mencari teman-teman baru? Sesal terasa begitu menyesakkan dadaku, tatkala kuingat lagi bahwa semua ini karenaku, karena ulahku. Seandainya tak usah kuceritakan bagaimana kisah kami, seandainya tak kugambarkan sosok Peter yang jahil, William yang bijaksana, Hans dan Hendrick yang periang, Janshen yang menggemaskan, Norma yang anggun, dan Marianne yang keras kepala, mungkin kalian semua tak akan memanggil-manggil nama mereka setiap malam sebelum terlelap tidur, dan berharap ketujuh sahabat kecilku datang menemui kalian dalam mimpi indah."

Lembar kedua dari awal bertuliskan :

"Untuk Peter, William, Hans, Hendrik, Janshen, juga Norma... Kembali kupersembahkan buku ini untuk kalian semua. Kutulis lembar demi lembar cerita di buku ini untuk kalian, agar kalian semua tahu betapa rindunya aku akan kehadiran kalian. Aku berjanji, ini adalah tulisan terakhirku tentang kalian... kalian tak perlu khawatirkan itu."

Mungkin dan bisa jadi ini tulisan terakhir tentang sahabat-sahabat nya, mungkin pindah ke genre yang lebih umum yah, atau tetep jadi pegawai negeri sipil atau menjadi penyanyi ? entahlah yah.

Di buku yang ketiga ini (Sunyaruri) menceritakan plot yang beralur mundur dijaman si penulis (Risa), banyak menceritakan kisah yang menarik waktu kecil si penulis, jaman dimana masih sangat polos untuk berteman, yang penting berteman. Entah perasaan suka, cinta atau sayang membaur dalam isi cerita mereka, satu persatu si penulis menceritakan kenangannya bersama mereka (Ular Kemenangan, Tapaki Jejak Karina, Inspirator kecil, Pelipur lara, Melerai dendam, Senandung Hujan, Tangan ajaib Hans, Cerita kertas dan pena, Sebuah rahasia, Pembawa pesan, Larung hara, Sepasang sayap kecil Annete, Akhir pertikaian yang bahagia, dan Pulang). dengan 14 subjudul berisi kisah yang menarik untuk dibaca dan dibaca lagi "untuk saat ini saya baru membacanya di subjudul Senandung Hujan, mungkin satu atau dua hari lagi saya tuntaskan membacanya"

Ada beberapa Kisah-kisah lirih yang dituliskan oleh sipenulis, tentang mereka yang ... dan dituliskan kembali di dalam Sunyaruri, kisah-kisah lirih mereka yang ... banyak sekali pesan yang ingin disampaikan oleh mereka yang ... tapi kisah-kisah mereka yang ... sangat bagus untuk dijadikan pelajaran hidup yang lebih baik dan baik lagi terhadap sesama (manusia). Seperti di subjudul "Tapaki Jejak Karina"

"Tapaki Jejak Karina"

Menceritakan kisah anak kecil perempuan bernama karina kira-kira berumur 7-8 tahun yang lucu, polos, sayang sekali sama kedua orangtua mereka walaupun ayah karina bukanlah ayah kandungnya, yang setiap hari hanya mencemooh Karina, dengan sesuatu hal yang sepele. Karina hanya menginginkan Boneka cantik yang terbungkus plastik di sebuah toko mainan di pinggir jalan memang keadaan ekonomi kedua orangtua mereka bisa dikatakan tidak mencukupi, maka dari itu ayah dari Karina tidak sanggup membelikan boneka yang diinginkan oleh gadis kecil yang bernama Karina. Setiap hari Karina berharap dan berharap untuk boneka itu masih menggantung di toko mainan tersebut hingga nanti ia mampu membelinya. Tapi ada kejadian yang tidak diharapkan... kejadian itu hmm, makanya baca yah.

Masih banyak lagi kisah-kisah mereka yang ... dituliskan di buku Sunyaruri nya Risa.

"Senandung Hujan" juga bisa membuat para pembaca simpati, empati atau apalah itu namanya...
dan gue juga masih penasaran dengan kisah-kisah selanjutnya

"kisah-kisah mereka yang ..." telah tiada


Selamat Membaca...

@odyady_






Komentar

  1. mana kisah tentang senandung hujannya??

    BalasHapus
  2. di Novelnya lah, di sini kan hanya secuilnya aja :)

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi kami juga ya !! https://bit.ly/2MnNWVl

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

5 pertanyaan yang harus kamu ajukan ke calon gebetan kamu, agar aman dari masa lalunya