Bertram Hotel

Hotel Bertram


"Apa yang dapat kita bayangkan jika suatu ketika sekomplotan penjahat berkumpul di suatu tempat? Kejahatan besar apa yang sedang mereka rencanakan?
    Hotel Bertram, Tampak anggun, tenang, penuh daya tarik dan mengundang nostalgia bagi orang-orang yang pernah mengenalnya berpuluh-puluh tahun lalu. Bila berada di dalamnnya, kita seolah kembali ke dunia yang telah hilang dan seakan waktu berputar kembali ke masa lalu. Tidak ada yang berubah sama sekali di dalamnya. Para tamu yang berdatangan pun msih tetap dari kalangan yang sama mulai dari pejabat gereja, janda kaum ningrat yang kaya raya, gadis-gadis yang berlibur dari sekolah-sekolah mahal, sampai dengan para pensiunan jenderal. Semuanya mengesankan orang baik-baik dan terhormat. Terlalu baik bahkan, sehingga tampak tak masuk akal. Nah, siapa yang mengira bahwa di tempat seperti itu ada kejahatan mengancam? siapa yang mengira bahwa di antara orang-orang itu ada yang tidak mengenakan identitas aslinya?
    Hotel Bertram, penuh misteri tak terduga. Tapi, bagi Jane Marple tak ada yang dapat disembunyikan dari pandangannya yang tajam. Kesenangannya mengamati segala sesuatu yang terjadi di sekelilingnya ternyata secara tidak langsung membantu Inspektur Kepala Davy dalam memecahkan msteri di Hotel Bertram ini."

Pengalaman yang sangat menarik bisa membaca karya tulisan dari Agatha Christie, mengenai sesuatu perjalanan kasus atau misteri yang di kemas secara cerdas. Sehingga pembaca dibuat berfikir dan ingin terus membaca hingga huruf terakhir.

Beberapa Tokoh-tokoh Cerita "AT BERTRAM'S HOTEL"

- Kolonel Derek Luscombe : Duda setengah baya yang baik budi. Gagasan-gagasannya yang kolot mengenai wanita mau tak mau menjadikannya korban tipu muslihat orang.
- Lady Selina Hazy : Seorang wanita tua. Ingatannya lebih tajam daripada penglihatannya.
- Miss Gorringe : Resepsionis hotel yang sempurna. Sikap tenangnya tak pernah berubah, apapun yang akan terjadi.
- Humfries : Manajer yang hebat sebuah hotel yang terhormat. Dia menyediakan apa saja yang diingini tamu-tamunya, tanpa memikirkan resikonya.
- Miss Jane Marple : Seorang wanita yang bisa mencium, mencurigai dan melihat adanya kejahatan dimana pun dia berada, tanpa bisa terkecoh oleh penipuan yang bagaimanapun hebatnya.
- Bess Sedgwick : Wanita yang liar, yang memanfaatkan setiap kesempatan dengan nekat.
- Elvira Blake : Putris Bess. Nalurinya yang kejam bagai harimau betina terselubung oleh pendidikannya yang tinggi.
- Ladislaus Malinowski : Pembalap mobil sekaligus don juan petualang, sering terlibat dengan wanita yang tak baik.
- Pater Pennyfather : Sarjana yang linglung. Dia pergi kesuatu tempat pada waktu yang salah dan hampir saja tewas gara-gara kesalahan itu.
- Inspektur Kepala Fred Davy : Tampangnya kebapakan dan punya naluri untuk menemukan hal-hal yang buruk di tengah-tengah keindahan.
- Michael Gorman : Seorang pria sederhana. Dia menikah seenaknya saja dan harus menanggung akibatnya dengan pembunuhan atas dirinya.
- Bridget : Dengan mengecoh ibunya, dia terlibat pada suatu peristiw dan bahkab membantu terjadinya peristiwa itu.
- Mr. Robinson : Mulai dari namanya dan apa saja mengenai dirinya adalah palsu tapi dia bisa memberikan yang benar bila dia mau.
- Robert Hoffman : Seorang pria yang demikian kayanya, hingga perampokan sejumlah satu juta dollar dianggapnya hanya kejadian kecil.

Berawal dari peristiwa kelinglungannya Si Pater Pennyfather yang hilang seminggu dari hotel Bertram tanpa satu orang pun yang tahu dimana dia berada, tapi dia juga tidak memberitahukan kemana dia berada. Satu hotel sangat mengkhawatirkan hilangnya si Pater Pennyfather terutama resepsionis hotel Miss. Gorringe. Tapi Miss Gorringe sudah tahu kebiasaan dari Pater Pennyfather yang menghilang tanpa keterangan dan masih menginap kamar tanpa ia inapkan karena dia sudah jadi langganan di hotel Bertram, tapi kekhawatiran Miss. Gorringe ini sangat berbeda dengan sebelumnya.

Ke-dua, kejadian perampokkan di kereta Api Bedhempton, di hubungkan dengan pemilik asli dari Hotel Bertram Hoffman bersaudara apakah mereka terlibat dalam perencanaan atas perampokkan di kereta api.

Ke-tiga, Elvira Blake dan Bess Sedgwick mereka (anak dan ibu dari suaminya Lord Caniston) wanita yang cantik dan sedikit agak bermasalah dengan kekayaannya yang akan di wariskan kepada Elvira Blake.

Ke-empat, Pembalap kurus dan berwajah tampan yang sudah menjadi juara dalam kejuaraan balap mobil, dia sangat menarik bagi wanita di sekitarnya dan apakah dia terlibat dengan perampokkan di kereta api.

Ke-lima, Terbunuhnya Michael Gorman di dekat jalan menuju Hotel Bertram? siapa dan apa motif pembunihannya apakah terkait dengan perampokkan di kereta api serta hilangnya si Pater Pennyfather?

ke-enam, Miss Jane Marple telah mencium, mencurigai dari awal dia menginap di salah satu kamar hotel Bertram. Nampak tak masuk akal dengan para staff pegawai hotel Bertram.

dari ke-enam atau mungkin lebih (enam itu cuma pengamatan saya) apakah berkaitan dengan komplotan penjahat yang besar? dan apa mungkin Inspektur Kepala Davy beserta para kepolisian london bisa memecahkan misteri di balik tenangnya dan nyamannya Hotel Bertram ?

@odyady_





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

5 pertanyaan yang harus kamu ajukan ke calon gebetan kamu, agar aman dari masa lalunya