Buku ke Delapan

The Labours of Hercules
Buku Agatha Christie - The Labours of Hercules no urut delapan dari tumpukkan bawah, sangat menarik karena terinspirasi dari cerita legenda Mitologi Yunani yaitu cerita "12 tugas Hercules" dimana di cover ini menunjukan sosok Hercules dan sub judul nya juga tentang 12 tugas Hercules

1. Singa Dari Nemea

Singa Nemea adalah singa besar yang tinggal di daerah Nemea, Argolis. Kulitnya sangat kuat dan tidak dapat ditembus oleh senjata apapun
Tugas pertama Herakles adalah membunuh singa ini. Herakles mendatangi gua persembunyian singa Nemea dan bertarung dengan sang singa. Herakles berhasil membunuhnya dengan cara mencekiknya sampai mati. Setelah membunuhnya, Herakles mengunakan kulit singa itu sebagai jubah pelindung dalam petualangan-petualangannya berikutnya. Sementara sang singa sendiri oleh Hera ditempatkan di angkasa sebagai rasi bintang Leo.

 ( http://id.wikibooks.org/wiki/Mitologi_Yunani/Makhluk_Mitologi/Singa_Nemea )

Dalam mitologi Yunani, Singa Nemea (Bahasa Yunani: Λέων της Νεμέας) adalah seekor singa yang hidup di sebuah gua di daerah Nemea. Singa ini merupakan anak dari Ekhidna dan Tifon dan memiliki kulit yang kebal terhadap senjata. Euristheus menyuruh Herakles menangkap singa ini sebagai tugas pertama Herakles. Herakles mendatangi tempat tinggal singa ini dan mencoba membunuhnya dengan menggunakan senjata tetapi gagal. Akhirnya Herakles memutuskan untuk mencekik singa ini sampai mati. Setelah membunuhnya, Herakles menggunakan kulitnya sebagai jubah pelindung.

( http://id.wikipedia.org/wiki/Singa_Nemea )

Mungkin dari sub judul "Singa dari Nemea" akan menceritakan kembali tugas pertama atau kasus yang ditanganin oleh Hercule Poirot. Kasus pembunuhan yang sangat rumit yang pernah ditangani oleh Poirot. Bakalan seru di awal dan mungkin agak bosan di tengah - tengah novel ini, karena akan terdapat kalimat atau bahasa yang logat nya lebih ke budaya British. Tapi kenapa bisa disambungkan ke kisah legenda 12 tugas Hercules ?



2. Hydra Penghuni Rawa Lerna

Hidra atau Hidra Lerna merupakan monster berbentuk ular atau naga, yang memiliki sembilan buah kepala. Jika salah satu kepalanya dipotong, maka kepala tersebut akan tumbuh/membentuk lagi dua buah kepala yang baru. Dia mengeluarkan racun yang mematikan dari nafasnya pada setiap kali melangkah.
Hidra dari Lerna dibunuh oleh Herakles sebagai tugas yang kedua dalam salah satu dari "Dua Belas Tugas" yang harus dijalaninya demi sebuah penebusan dosa.
Sarang Hidra adalah di rawa-rawa di danau Lerna, di Argolid, dan dia bertugas sebagai penjaga pintu masuk ke Dunia Bawah. Hidra ialah keturunan dari Tifon dan Ekhidna, dan keduanya merupakan keturunan yang mengerikan dari dewi bumi, Gaia.
Dikisahkan, setelah mencapai rawa dekat danau Lerna, tempat tinggal Hidra, Herakles menutupi mulut dan hidungnya dengan kain untuk melindungi dirinya dari asap beracun yang keluar dari nafas Hidra. Kemudian, dia menembakkan panah berapi ke sarangnya, mata air Amymone. Hidra sendiri hanya keluar dari guanya yang sangat dalam untuk meneror desa-desa di sekitarnya. Lalu Herakles pun berhadapan dengan Hidra, dengan menghunus sebuah pedang, dia menebas kepala-kepalanya.
Setiap kepala Hidra yang dipotongnya, tumbuh kembali menjadi dua. Keputusasaan merasuki perjuangan yang dilakukannya. Kelemahan dari Hidra, adalah bahwa hanya satu dari kepalanya yang abadi. Menyadari hal tersebut, Herakles meminta bantuan kepada keponakannya Iolaos. Keponakannya itu datang memberi gagasan (mungkin diilhami oleh dewi Athena). Iolaos lalu menggunakan batu api untuk membakar tunggul-tunggul leher Hydra pada setiap kali kepalanya dipenggal.
Setelah itu, satu kepala Hidra yang abadi ditempatkan di bawah batu besar pada tempat ritual suci antara Lerna dan Elaius, dan mencelupkan anak panahnya di darah beracun Hidra, dan tugas kedua Herakles pun selesai.
Pada kisah yang lain dikatakan, bahwa setelah memotong satu kepala abadi Hidra, Herakles mencelupkan pedangnya di dalam darah Hidra dan menggunakan racunnya untuk membakar setiap kepala, sehingga kepala-kepala tersebut tidak bisa tumbuh kembali. Mengetahui Herakles dibantu oleh keponakannya, Iolaos, di dalam melaksanakan tugas kedua, Euristheus menyatakan bahwa tugas Herakles belum selesai karena dia tidak sendirian, dan Herakles harus menjalankan tugas tambahan.
Di dalam budaya populer, Hidra pun sering menjadi antagonis dalam permainan videro, diantaranya dalam God of War, Age of Mythology, Magic Carpet 2, dan lain-lain. Dia menjadi sosok monster yang mengerikan dengan sembilan kepalanya. Di dalam film-film yang menceritakan Herakles pun, Hidra sering tampil pada salah satu bagian cerita di dalamnya.

(  http://id.wikibooks.org/wiki/Mitologi_Yunani/Makhluk_Mitologi/Hidra )

Tugas kedua Hercules Membunuh Makhluk yang bernama Hydra, makhluk ini sering muncul di beberapa kisah Legenda - legenda setiap Negara yang sama dari makhluk ini di setiap Negara adalah Kepalanya yang banyak dan mengeluarkan nafas yang beracun.
Dan apa hubungannya dengan kisah yang akan di angkat di Novel Agatha Christie ? Makhluk ini akan di samakan denga apa nantinya di dalam cerita novel ini ? apa disamakan dengan pembunuh yang sangat licik dan Poirot membongkar nya dengan sangat cerdas ? 

...
...
...

3. Rusa dari Arcadia

...

4. Babi Hutan dari Gunung Erymanthus

...

5. Kandang - kandang Sapi Raja Augeas

...

6. Burung - burung penghuni Danau Stymphalia

...

7. Banteng Jantan dari Creta

...

8. Kuda - kuda Raja Diomedes

...

9. Ikat Pinggang Hyppolita

...

10. Geryon dan binatang - binatang Gembalaannya

...

11. Apel - apel Hesperides

Taman Hesperides adalah kebun buah milik Hera, di taman itu tumbuh pohon yang berbuah apel emas. Pohon apel itu ditanam dari dahan yang diberikan Gaia pada Hera sebagai hadiah pernikahan Hera dengan Zeus. Para Hesperides diberi tugas merawat kebun itu, tapi kadang-kadang mereka memetiknya untuk diri mereka sendiri. Karena tidak percaya pada mereka, Hera kemudian menempatkan naga berkepala seratus yang tidak pernah tidur bernama Ladon sebagai perlindungan tambahan di kebun itu.

( http://id.wikipedia.org/wiki/Hesperides )

di kisah yang kesebalas mungkin Poirot akan di ceritakan ... sudahlah tidak mau lagi menebak apa yang belum diketahui. 

Dan yang...ke

12. Penangkapan Cerbeus

...


Dari Ke dua belas kisah legenda Hercules hanya tiga yang mungkin sangat saya fokuskan, Karena agak rumit untuk membeberkan 12 kisah legenda Hercules ini, penuh dengan silsilah dewa - dewi mitologi Yunani yang sangat rumit ceritanya.

Tapi untuk membaca Novel ini menurut saya perlu sedikit tau tentang 12 kisah legenda Hercules, karena akan menambah kepekaan kita dalam cerita yang akan dibaca. 

Tidak sabar untuk membaca nya... mungkin saya orang yang kesekian yang norak sekaligus sok tau akan kisah Agatha Christie ini. 


Selamat Membaca...

@odyady_





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

5 pertanyaan yang harus kamu ajukan ke calon gebetan kamu, agar aman dari masa lalunya