Masih gelap

Akhir - akhir ini isi kepala menerima hal - hal yang tidak dikenal atau yang belum dikenal, butuh waktu untuk menerima hal - hal tersebut. Contoh sederhana hal - hal yang belum dikenal dalam suatu pekerjaan. 

Kita menerima pekerjaan tanpa tau apa yang harus kita kerjakan dalam pekerjaan itu, tanpa ada mentor yang mengajarkan garis besar suatu pekerjaan yang belum kita tau ditambah lagi atasan selalu bilang "cepat yah, makasi". Apa yang anda harus lakukan ?


Menurut saya, ada 3 hal penting yang harus dilakukan

1. Tenang 

Semua individu pasti tau apa arti dari kata tenang, tenang itu sikap yang biasa dilakukan ketika mau ujian nasional "wuuushaaaaaaa" setelah mengeluarkan kata "wuuushaaaaaaa" lalu lanjut berkata "bissmilahirohmanirrohim" seketika jiwa kita tenang. 

2. Cari tau info tentang pekerjaan yang belum kita tau dan belum dikenal

Di zaman sekarang ada mesin pengetahuan yang biasa di sebut "mbah gugel" masih sih kalian belum tau siapa "mbah gugel" ? yang belum tau nanti juga tau. Setelah mencari info di mbah gugel dan belum ketemu di mbah gugel (tapi masa sih tidak ketemu okefine), beranikan diri untuk bertanya sama teman yang tau tentang pekerjaan yang belum kita ketahui atau sama senior karena senior selalu benar.

3. Kerjakan

Setelah tau apa yang harus dikerjakan dari pekerjaan yang kita belum tau tersebut, Kerjakan! Benar atau salah yang penting kita kerjakan, kena ocehan atau tidak itu akan menjadi sebuah kritikkan yang membangun kita agar kita lebih tau pekerjaan yang belum kita ketahui tersebut.

Dari ketiga hal penting tersebut yang paling susah adalah point ketiga karena apa ? karena masih ada rasa ragu-ragu yang amat besar, rasa takut yang juga amat besar, rasa percaya diri yang kurang. Contoh kalimat setelah mengerjakan pekerjaan yang belum kita kenal :
"bener gak yah kaya begini, takut salah"
"begini bukan sih"
"hmm kayaknya sih begini"
"bener gak yah"
itu dia beberapa contoh kalimatnya, tapi sebaiknya yang harus kita lakukan :
"diam dan kasih aja pekerjaan yang kita sudah kerjakan"

yang penting selesai, namanya juga masih gelap sama pekerjaan  tertentu.


Semoga tidak bermanfaat :)

@odyady_
Ady Maulana Rachman


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

5 pertanyaan yang harus kamu ajukan ke calon gebetan kamu, agar aman dari masa lalunya