a Murder Is Announced

Agatha Christie ( A Murder Is Announced ) 


Sebelum membahas isi buku, mari kita cari sedikit tentang siapa "Agatha Christie". 

Agatha Christie
Dame Agatha Mary Clarissa Christie, DBE Lahir 15 September 1890 Torquay, Devon, Inggris, adalah seorang penulis fiksi kriminal inggris juga menulis kisah-kisah roman dengan memakai nama lain Mary Westmacott. Buku-bukunya telah terjual sebanyak lebih dari satu miliar eksemplar dalam bahasa inggris dan satu miliar lagi dalam 45 bahasa asing. Christie menerbitkan lebih dari 80 novel dan sandiwara teater yang kebanyakan merupakan kisah detektif dan misteri ruangan tertutup, banyak dari karyanya tersebut yang berkisah mengenai salah satu tokoh serialnya, "Hercule Poirot" atau "Miss Parple".

Dia mulai menulis pada akhir perang dunia pertama, ketika dia menciptakan Hercule Poirot, detektif Belgia yang bertubuh kecil dengan kepala berbentuk telur dan gandrung akan kerapian. Tokoh detektif dalam cerita fiksi yang paling terkenal adalah Sherlock Holmes, Poirot, Miss Marple dan detektif-detektifnya yang lain telah muncul dalam film, sandiwara, sandiwara radio yang didasarkan pada buku-bukunya.

Agatha Chirstie juga menulis enam novel romantis dengan menggunakan nama lain atau nama samaran Mary Westmacott, beberapa drama, dan sebuah buku kumpulan puisi. Dia juga membantu suaminya, arkeolog Sir Max Mallowan, dalam ekspedisinya ke Timur Dekat.

Postern Of Fate adalah buku terakhir yang ditulisnya sebelum dia meninggal pada tahun 1976. tetapi setelah buku ini terbit, penerbit William Collins juga menerbitkan dua buah buku yang ditulis Agatha Christie pada tahun 1940-an. Tirai: Kasus pembunuhan terakhir dan terbesar yang dibongkar oleh Hercule Poirot pada tahun 1975 dan pembunuhan terpendam, buku terakhir yang menampilkan Miss Marple, pada tahun 1976.

Sedikit tentang Agatha Christie.

Awal menemukan buku ini tidak sulit mencari-nya, tersusun rapi di etalase rak buku yang di terangi oleh lampu berwarna hangat di toko buku daerah margonda depok. Bermula dari mencari buku atau novel yang menarik dari cover-nya dan entah kenapa memilih novel yang berjudul ( IKLAN PEMBUNUHAN ), Mungkin masih banyak buku atau novel yang di tulis oleh penulis lokal.

Dengan cover novel bergambar dua dimensi wanita dengan 3 susun kalung di lehernya dan berwarna purple serta sinopsis yang menimbulkan tanda tanya (semua sinopsis menimbulkan tanda tanya, hehe...) tapi ini beda.

"Perang Dunia kedua baru saja usai. Dimana-mana kehidupan sulit. Bahan bakar dan makanan masih harus dijatah. Di tengah situasi demikian, suatu jumat pagi tanggal 29 Oktober, penduduk Chipping Cleghorn, dusun kecil di Inggris, dikejutkan oleh sebuah iklan pembunuhan.
Maka petang itu hampir semua penduduk Chipping Cleghorn mendatangi Little Paddocks, rumah salah satu tetangga mereka, sekedar memuaskan keingintahuan. Ada yang menganggapnya permainan atau lelucon belaka. Tetapi kemudian seorang pria benar-benar terbunuh, dan seorang wanita cedera. Semua orang pun menjadi bigung.
Belum lagi peristiwa mengejutkan itu terlupakan, kembali terjadi pembunuhan lain dalam jarak waktu begitu singkat. Siapakah pembunuh berdarah dingin ini ? Apakah hubungannya dengan penghuni di Little Paddocks? Dan pertanyaan yang paling penting: Sanggupkah polisi meringkus sebelum dia sempat membunuh lagi?"

Membuka 3 lembar dari novel a murder is announced terdapat "UNTUK RALPH DAN ANNE NEWMAM di rumah siapa aku pertama kali mencicipi MATI YANG NIKMAT"  mungkin ini adalah sebuah petunjuk dalam kasus yang ada nanti di dalam cerita.

BAB I 
Iklan Pembunuhan 

menceritakan latar tempat kasus dan membahas sedikit tentang warga yang berada di dusun Chipping Cleghorn, Johnny Butt pengantar surat kabar dengan sepedanya setiap pagi antara pukul 7.30 dan 8.30, terkecuali hari minggu. Johnny Butt berkeliling mengitari dusun Chipping Cleghorn dengan sepedanya, sambil bersiul-siul nyaring dan berhenti di setiap rumah atau pondok untuk Memasukkan harian pagi pesanan si penghuni rumah dari Mr. Totman si agen  buku, koran dan majalah, di High Street, ke dalam kotak surat mereka. Jadi, di rumah kolonel dan Mrs. Eastbrook ia menunggalkan surat kabar The Times dan Daily Graphic, di rumah Miss. Swettenham ia meninggalkan surat kabar The Times dan Daily Worker, dirumah Miss. Hinchliffe dan Miss Murgatryod ia meninggalkan surat kabar Daily Telegraph dan News Chronicle di rumah Miss Blacklock ia meninggalkan surat kabar The Telegraph, The Times dan The Daily Mail.
Di semua rumah ini dan boleh dikatakan di hampir setiap rumah di Chipping Cleghorn, setiap hari jumat ia mengirimkan satu terbitan, North Benham News dan Chipping Cleghorn Gazette, yang di tempatitu di kenal cukup dengan sebutan The Gazette. 
Maka pada hari jumat pagi kebanyakkan penduduk Chipping Cleghorn setelah melayangkan pandangan sekilas pada kepala-kepala berita yang dimuat di surat - surat kabar. mereka segera membuka surat kabar Gazette untuk terjun ke berita-berita lokal. Setelah sejenak membaca rubrik surat menyurat (dimana ternuat lengkap kedongkolan dan pertengkaran kehidupan dusun), sembilan dari sepuluh pembaca akan berpaling ke rubrik pribadi. Penduduk di Chipping Cleghorn dikagetkan dengan "Berita pembunuhan: akan dilaksanakan pada hari jumat, tanggal 29 Oktober, di Little Paddocks, pukul 6.30 sore. Datanglah, Kawan - kawan. Ini adalah satu-satunya pemeberitahuan." 

Sedikit ringkasan di cerita BAB I

Isi buku terdiri dari BAB I - BAB XXIV dimana di setiap bab per bab nya memiliki sub bab yang menarik untuk dibaca dan mungkin menjadi sebuah petunjuk untuk mengetahui apa motif pembunuhan tersebut, apa yang membuat sebuah pembunuhan berdarah dingin ini terjadi, dan mengapa bisa semua di rencanakan begitu rapih ?

Selamat Membaca "A MURDER IS ANNOUNCED" 


@odyady_













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warna sendu

"LINIMASA"

5 pertanyaan yang harus kamu ajukan ke calon gebetan kamu, agar aman dari masa lalunya